MUNCULNYA PENULISAN BAHASA ALAY DI INDONESIA

13459181071243845187

Hai, lama tak jumpa. Kali ini saya akan membahas tentang munculnya gaya penulisan gaul/alay di Indonesia. Pada penasaran mengapa ada penulisan 4L4Y ?. Biasanya kita temukan dalam penulisan SMS atau pesan singkat.
Inilah beberapa penyebab yang sudah saya teliti :
  1. Terpengaruhnya dengan bahasa lama/lawas. Seperti penulisan candra(sekarang) tjandra(dulu), tahun(sekarang) tahoen(dulu).
  2. Kemiripan bentuk dan angka. Misalnya 4=A, 3=E, 5=S, 7=T/J, 9=g, 0=o, 1=I. Seperti kata 1ND0N3514 pada INDONESIA.
  3. Pengaruh bentuk bunyi. Seperti Bank = Bang, Sayank = Sayang, ealah = ialah, sangad = sangat, xiap = siap, bahkan masih banyak lagi.
  4. Pengaruh bahasa daerah masing-masing. Di Jawa orang mengucapkan kata banyak = buanyak. Sehingga penulisannya pun mengikuti kata yang disebutkan. Di Jawa dan Sulawesi juga menyebutkan kata “ta” pada akhir kalimat tanya. Misalnya “Benar ta ?” yang diartikan “benar tidak ?”. Sehingga orang yang baru melihatnya pun menyatakan itu alay.
  5. Kemiripan simbol umum dengan huruf. Ini sama dengan poin ke-2. Misalkan @=a, %=n, $=S, !=i. Seperti kata $@y@ pada Saya.
  6. Ingin cepatnya seseorang membalas pesan singkat juga mempengaruhi. Biasanya dilakukan oleh pemilik handphone yang tidak memiliki sistem tombol handphone QWERTY.
  7. Berikut contoh penulisan alay.
    1340188736420816388

 
Sudah tahukan apa saja yang mempengaruhi munculnya penulisan alay. Sudah pada ngaku jugakan kalo dulu pernah menggunakan penulisan alay.
Sampai jumpa di penulisan saya selanjutnya.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s