KIPAS ANGIN TANPA BILAH

  • PENGERTIAN dan PENEMU

Kipas ini merupakan kipas tanpa bilang yang dibuat oleh James dyson yang diluncurkan pada oktober 2009. Dengan lebih dari 100 paten-paten, teknologi di dalam bladeless fan Dyson bekerja dengan menyedot hingga 33 liter udara ke dalam akselerator topan, dengan cara yang mirip dengan mesin jet atau turbo charger-di dalam mobil.

  • <KEUNTUNGAN

Kipas ini memperkenalkan banyak keuntungan dibandingkan dengan penggemar biasa, beberapa di antaranya di bawah ini.

Aman untuk Anak

Kipas ini tidak memerlukan pisau terkena menyediakan aliran udara. 

Mudah dibersihkan

 

Struktur kipas ini sangat sederhana, dan karena ini sangat mudah dibersihkan.

Beralih untuk Variable Speed

Dalam sebuah kipas biasa, tiga sampai lima posisi saklar digunakan untuk mengubah kecepatan kipas angin. The Dyson hanya memerlukan satu switch untuk mencapai kecepatan yang diinginkan.

Osilasi dari Fan

Hampir setiap penggemar memiliki kualitas berosilasi horizontal. Namun, fan ini bisa mengalirkan udara ke atas dan ke bawah oleh berosilasi bawah secara vertikal. Hal ini karena pusat gravitasi dari kipas ini sangat jauh dari basis.

Udara

Udara yang berasal dari kipas biasa tidak begitu halus.Hal ini memaksa udara, dengan menggunakan pisau, dalam bentuk tamparan udara turbulen, yang membuat aliran udara lebih kasar. Kipas Dyson mampu mengalir udara sangat lancar karena tidak adanya pisau.

 

  • STRUKTUR

 

Jenis cincin struktur kipas ini adalah menarik. Bagian atas dari kipas adalah cincin, ditunjukkan pada gambar dengan warna biru, meskipun tersedia dalam berbagai warna. Bagian bawah kipas angin adalah silinder dan memiliki kontrol saklar kecepatan variabel di atasnya. Switch ini ditempatkan di bagian depan dan digunakan untuk mengubah kecepatan kipas angin. Dua switch lainnya ditempatkan di kedua belah pihak bekerja untuk dan mematikan. Tepat di atas switch lubang kecil diberikan sekitar struktur silinder. Ini bekerja sebagai inlet udara dan memiliki kepentingan banyak dalam pengoperasian kipas angin.

 

  • MODEL

 

 

  • CARA KERJA

Cincin bladeless bekerja dalam cara yang mirip dengan sayap pesawat. Cincin ini memiliki celah 1,3 mm melengkung di bagian dalamnya sedemikian rupa membentuk sudut 16o. Sebenarnya, kipas memang memiliki pisau, ada di dasar kipas angin. Udara masuk menuju struktur melingkar yang disebut impeller aliran campuran di dalam struktur silinder. Impeller aliran campuran sebenarnya merupakan pompa udara, dan digunakan untuk meniup udara ke atas ke ring.  Penempatan impeller sangat penting. Jika ditempatkan dengan benar, dapat mengembangkan efek tekanan negatif yang signifikan untuk mendapatkan aliran udara masuk.

Ketika udara mencapai ring, itu menciptakan tekanan negatif di atas sendi dari cincin dan silinder. Ini tekanan negatif memaksa udara yang hadir di sisi belakang cincin ke depan. Selanjutnya, ini menciptakan tekanan negatif pada sisi belakang ring, dan karena ini, udara mulai mengalir dari belakang ke depan, dalam apa yang disebut efek Coanda . Udara mengalir ke depan dalam penampang circular. Udara di sekitar aliran juga mulai bergerak karena geser kental, dan kecepatan aliran menjadi enam belas kali lebih besar dari setiap kipas angin biasa. Udara yang disedot oleh motor tersebut dihembuskan ke dalam celah cincin hingga mencapai kecepatan 55 mil per jam (sekitar 80 km/jam). Tingginya kecepatan hembusan akan berakibat terjadinya kehampaan dan penurunan tekanan udara di belakang cincin. Akibatnya udara terinduksi akan masuk dari belakan cincing dan ikut terhembus ke depan. Sementara itu udara yang berada di depan cincin akan ikut mengalir dan mampu memberikan penguatan hingga 15 kali dengan debit udara mencapai 118 galon perdetik.

  • TEORI DASAR

Secara lebih luas, sebagian orang menganggap efek untuk memasukkan kecenderungan cairan lapisan batas untuk mengikuti permukaan lengkung, bukan hanya lapisan batas atas jet cairan. Hal ini dalam arti yang lebih luas bahwa efek Coandă digunakan oleh beberapa untuk menjelaskan angkat. Efek Coanda dan mengatakan sifat cairan mencoba untuk mengalir di sepanjang tubuh bahwa ketika Anda menempatkan objek dalam aliran. Aliran udara di sepanjang sayap dan sayap di tempat udara mengalir melalui lurus. Ini adalah efek dari viskositas hambatan udara dan gesekan. Air mengalir sepanjang sayap dibengkokkan seperti yang ditunjukkan pada gambar. Dan mereka bekerja beberapa jenis angkatan udara Karaniwa bengkok. Arah gaya tegak lurus dengan garis singgung dari aliran ini, cocok untuk pusat kelengkungan. Meskipun udara dibengkokkan oleh tabrakan dengan sayap pertama, gaya yang bekerja pada udara pada waktu yang ditunjukkan oleh panah merah. Reaksi kekuatan gaya ini bertindak ke arah menurunkan sayap. Terjemahan lain katakan adalah semua panah kuning adalah gaya yang bekerja pada udara dengan efek Coanda, dan gaya reaksi yang akan mengangkat gaya ini untuk mengangkat sayap. 

  • KONSEP FISIKA

Setelah udara keluar dari celah cincin “blade”, udara berhembus ke tiap sudut cincin, yang bentuknya mengambil model sayap pesawat terbang. Pesawat terbang di aplikasikan memutar sepanjang cincin, udara ditahan agar terarah menghembus sepanjang sudut tertentu sayap pesawat terbang, sehingga pada sudut tertentu kecepatan udara meningkat, membentuk area bertekanan udara rendah. Prinsip ini bisa disebut efek Coanda.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s